5 Objek Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Ciamis Jawa Barat

5 objek wisata ini bisa jadi referensi wisata kamu saat berkunjung ke Ciamis

5 Objek Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Ciamis, Jawa Barat
5 Objek Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Ciamis, Jawa Barat (Foto tangkapan layar: Web travel kompas)
banner 120x600
banner 468x60

BerandaPeristiwa,- Kabupaten Ciamis, sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Barat, menyimpan pesona alam yang memikat dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan keberagaman budayanya yang kaya.

Berikut adalah beberapa tempat wisata tersembunyi yang patut untuk dikunjungi di Ciamis:

banner 325x300

Air Terjun Cikaso

Air Terjun Cikaso adalah salah satu air terjun terindah di Jawa Barat yang berada di Desa Ciniti, Kabupaten Ciamis. Dikelilingi oleh hutan yang hijau dan sungai yang jernih, air terjun ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan menyegarkan.

Goa Sodong

Goa Sodong merupakan sebuah gua alam yang terletak di Desa Gede Pangrango, Ciamis.

Gua ini menawarkan eksplorasi menarik dengan stalaktit dan stalagmit yang indah. Pengunjung dapat menikmati petualangan menyusuri lorong-lorong gua yang misterius.

Objek Wisata Budaya Ciungwanara

Ciungwanara atau dikenal juga oleh masyarakat sekitar dengan nama Karangkamulyan merupakan situs arkeologi bercorak Hindu-Sunda.

Ciungwanara menjadi lokasi didirikannya kerajaan Galuh tahun 612 dan menyimpan benda peninggalan sejarah Kerajaan Galuh seperti pancalikan, pamangkonan, makam Adipati Panaekan, patimuan, Panyandaan, cikahuripan, lambang peribadatan, sanghyang bedil dan penyambungan ayam.

Ciungwanara juga dipilih untuk menyimpan Gong Perdamaian Dunia atas alasan nilai-nilai den perdamaian yang sudah ada sejak Kerajaan Galuh.

Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis yang memiliki luas lebih dari 60 HA. Danau ini dikelilingi oleh pepohonan hijau dan bukit-bukit yang menawan, menyuguhkan berbagai macam wisata alam, sejarah hingga religi.

Situ Lengkong juga menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu, memiliki 3 buah nusa yang digunakan sebagai tempat bangunan istana kerajaan, kepatihan dan staf kerajaan pada masa lalu.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berkemah, bersepeda, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh merupakan curug (air terjun) yang bertingkat-tingkat hingga 7 buah. Ada Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curuh Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Curug Tujuh berada pada ketinggian 800-900 mdpl dengan rata-rata suhu udara berada pda 17-18 derajat celcius.

Untuk dapat mengakses curug ini, pengunjung dapat menggunakan jalan setapak mengitari bukit yang dikelilingi hutan pinus Perum Perhutani.

Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan keberagaman destinasi wisatanya, Ciamis merupakan tempat yang menarik untuk dijelajahi bagi para pencari petualangan dan penggemar alam.

(Sinta)

sumber: Dispar Kab. Ciamis

https://dispar.ciamiskab.go.id/2023/09/21/wisata-di-kabupaten-ciamis-kunjungi-7-destinasi-prioritasnya/

banner 325x300