DPRKPLH Ciamis Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Program Inovatif dan Aksi Kolaboratif

Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia

Ilustrasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia/Freepik.com
Ilustrasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia/Freepik.com
banner 120x600
banner 468x60

BerandaPeristiwa, Ciamis,- Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Kepala DPKPRLH Kabupaten Ciamis, H. Okta Jabal Nugraha, MT, menjelaskan bahwa peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global akan pentingnya tindakan positif terhadap lingkungan dan planet Bumi.

banner 325x300

Dengan tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, tema ini ditetapkan oleh Kementerian LHK dan diterapkan di seluruh DPKPRLH provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

“Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia,” jelas Okta Jabal.

Ia menambahkan bahwa peringatan ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk berpartisipasi dalam aksi global demi perlindungan planet, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Baca juga: DPRKPLH Ciamis Terima Kunjungan Mahasiswa KKN UNIGAL ke TPST Handapherang

Rencana Program Inovatif DPKPRLH Ciamis

Kadis PRKPLH Ciamis, Okta Jabal Nugraha. Foto: Dok. FaktaIndonesiaNews.com
Kadis PRKPLH Ciamis, Okta Jabal Nugraha. Foto: Dok. FaktaIndonesiaNews.com

H. Okta Jabal menguraikan empat program utama yang akan dilaksanakan oleh DPKPRLH Ciamis:

1. Memantau dan Mensosialisasikan Program Kampung Iklim (Proklim).
2. Kolaborasi dengan Stakeholder untuk Rencana Aksi Bersih Sungai.
3. Rencana Uji Emisi Kendaraan Bermotor Kerjasama dengan Dishub.
4. Kolaborasi dengan Instansi Vertikal Terkait Pelestarian Lingkungan Hidup.

“Kami berharap semua program ini dapat berjalan sesuai harapan dan menjadi kebanggaan bagi DPKPRLH Ciamis,” ujar Okta Jabal.

Baca juga: DPRKPLH Ciamis Siapkan 15 Calon Sekolah Adiwiyata 2024

DPRKPLH Ciamis Dorong Kolaborasi dengan Komunitas Lokal

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini dimulai dengan upacara seremonial yang dihadiri instansi terkait KLHK RI, seperti BPSILHK, Perum Perhutani, Cabang Dinas Kehutanan (CDK), BKSDA, dan BRIN.

Pada upacara tersebut, Kepala DPRKPLH Ciamis, H. Okta Jabal Nugraha membacakan sambutan dari Menteri KLHK RI

Berkaitan dengan program yang disampaikan oleh Kadis PRKPLH yaitu nomor 2 dan 4, Kepala Bidang Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Rini Valianti menyampaikan, salah satu kegiatan yang direncanakan adalah aksi membersihkan sungai dan menanam bibit-bibit tanaman di sepanjang sempadan sungai.

“Khusus bidang PKL kita akan kita akan bersinergi dengan Komunitas Pecinta Alam dan Sungai Khusus Kabupaten Ciamis (Kopassus) untuk aksi selanjutnya yang kapan waktu pastinya masih kita rencanakan,” kata Rini.

Baca juga: DPRKPLH Mulai Monev Calon Sekolah Adiwiyata 2024

Uji Sampling Rutin Kondisi Air Permukaan

Kepala Bidang Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DPRKPLH Ciamis, Rini Valianti. Foto: ist
Kepala Bidang Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DPRKPLH Ciamis, Rini Valianti. Foto: ist

Dalam upaya penjagaan lingkungan khususnya wilayah air permukaan, selain melakukan bersih – bersih sungai, Bidang PKL DPRKPLH Ciamis juga aktif dalam pemantauan dan uji sampling wilayah air permukaan di 15 sungai dan 11 danau/situ di Kabupaten Ciamis.

Rini mengatakan, pihaknya tidak hanya melakukan uji sampling, tapi juga melakukan pemeliharaan sungai.

“Kami tidak hanya melakukan sampling, tetapi juga perlu pemeliharaan sungai dengan melibatkan komunitas. Salah satunya bersinergi Komunitas Pecinta Alam dan Sungai Khusus Kabupaten Ciamis (Kopassus) ,” ungkap Rini.

Pengujian sampling dilakukan secara rutin setiap musim penghujan dan kemarau mulai dari hulu, tengah, dan hilir.

“Hasilnya, kondisi air permukaan di Kabupaten Ciamis masih memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan,” tambahnya.

Baca juga: Torehkan Sejarah, Gohan Raih Double Winner di Kejurnas Putaran 3 PMTI 2024

Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Menjaga Lingkungan

Namun, Rini juga menggarisbawahi tantangan yang dihadapi, terutama terkait kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai, padahal sungai seharusnya menjadi aset yang dijaga bersama,” ujarnya.

Untuk itu, di momen Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, ia mengajak seluruh eleman masyarakat untuk lebih mencintai alam dan lingkungan.

“Kita jaga alam, alam jaga kita,” kata Rini mengingatkan.

Rini berharap, dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan komunitas lokal, upaya perlindungan lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dapat terus ditingkatkan di Kabupaten Ciamis.***

banner 325x300