Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Pj Bupati Ciamis Serukan Semangat Nasionalisme

H. Engkus Sutisna menekankan pentingnya semangat nasionalisme yang telah dirintis oleh Dr. Soetomo dan mahasiswa STOVIA melalui pendirian organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908

Pemkab Ciamis peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116. Foto: Febri/berandaperistiwa
Pemkab Ciamis peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116. Foto: Febri/berandaperistiwa
banner 120x600
banner 468x60

BerandaPeristiwa, Ciamis,- Halaman Pendopo Ciamis dipenuhi antusiasme para peserta upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Senin (20/5/2024).

Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna, dalam sambutannya menekankan pentingnya semangat nasionalisme yang telah dirintis oleh Dr. Soetomo dan mahasiswa STOVIA melalui pendirian organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

banner 325x300

“Kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama. Tantangan dan peluang baru mengiringi kita, khususnya dalam kemajuan teknologi yang menjadi penanda zaman baru,” ujar H. Engkus Sutisna.

Pj Bupati menambahkan bahwa teknologi menjadi faktor penting dalam peradaban modern, dan penguasaan teknologi merupakan kunci menuju “Indonesia Emas”.

Pada kesempatan tersebut, H. Engkus Sutisna juga mengajak seluruh pegawai dan masyarakat Kabupaten Ciamis untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan dalam mengisi kemerdekaan.

“Kita harus menyatukan seluruh kekuatan untuk menegakkan nilai-nilai demokrasi dan etika berbangsa dan bernegara menuju Indonesia Emas,” tegasnya.

Peringatan ini juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Baca juga:
Pj Bupati Ciamis Berjanji Akan Tuntaskan Polemik Revitalisasi Situ Lengkong Panjalu

Pentingnya Menyukseskan Pilkada 2024

Mengusung tema “Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Trantibum Linmas untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024”.

H. Engkus Sutisna menekankan pentingnya peran kedua satuan dalam mendukung suksesnya Pilkada 2024.

“Dukungan Satpol PP dan Satlinmas sangat vital dalam menjaga ketentraman masyarakat selama pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024 mendatang. Saya berharap mereka terus meningkatkan profesionalisme dan sinergi dengan berbagai sektor,” ujar H. Engkus Sutisna.

Selain itu, upacara ini juga memperingati Hari Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-105.

H. Engkus Sutisna memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran dan petugas damkar yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Dengan tema ‘Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi’, saya berharap petugas damkar terus semangat dalam menjalankan tugasnya, cepat dalam penanganan kebakaran, dan responsif terhadap setiap kejadian,” ucapnya.

Mengakhiri sambutannya, H. Engkus Sutisna mengucapkan Dirgahayu Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Hari Satuan Polisi Pamong Praja ke-74, HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke-62, dan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-105.

“Mari kita terus berjuang dan berkarya untuk kemajuan bangsa,” tutupnya.

Dengan semangat kebangkitan nasional dan profesionalisme, Kabupaten Ciamis siap menyongsong masa depan yang lebih gemilang, menjadikan momentum ini sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan dan menegakkan nilai-nilai demokrasi.***

banner 325x300