Sekda dan Kankemenag Sambut Kedatangan Jamaah Haji Ciamis Kloter Terakhir

Kedatangan kloter terakhir ini menandai berakhirnya rangkaian kepulangan jamaah haji Ciamis tahun 2024

Sekda Ciamis dan Kankemenag sambut kedatangan jamaah haji Ciamis kloter terakhir. Foto: Febri/berandaperistiwa
Sekda Ciamis dan Kankemenag sambut kedatangan jamaah haji Ciamis kloter terakhir. Foto: Febri/berandaperistiwa
banner 120x600
banner 468x60

Ciamis, BerandaPeristiwa,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Andang Firman Triyadi bersama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Ciamis, H. Asep Lukman Hakim, menyambut kedatangan jamaah haji Ciamis kloter terakhir di Gedung KH. Irfan Hielmy Islamic Center Ciamis pada Rabu (17/7/2024) sekitar pukul 12.30 WIB.

Tahun ini, jumlah jamaah haji dari Kabupaten Ciamis mencapai 1.151 orang yang terbagi dalam tiga kloter.

banner 325x300

Kloter pertama, Kloter 26, terdiri dari 432 orang; kloter kedua, Kloter 34, juga berjumlah 432 orang; dan kloter ketiga, Kloter 53, terdiri dari 287 orang.

Kedatangan kloter terakhir ini menandai berakhirnya rangkaian kepulangan jamaah haji Ciamis tahun 2024.

H. Asep Lukman Hakim mengungkapkan rasa bahagianya atas kepulangan rombongan terakhir jamaah haji dengan selamat dan sehat.

“Ini merupakan rombongan terakhir yang pulang ke Ciamis. Alhamdulillah semua sehat walafiat, dan semoga menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Asep mengingatkan agar ibadah haji yang telah dilakukan dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk para jamaah, jangan sia-siakan pelaksanaan ibadah haji ini. Harus betul-betul berhasil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Asep.

Ia juga mengajak para jamaah haji untuk menjaga kemabruran haji.

“Karena untuk menjadi jamaah haji ini bukan hanya berat secara materi, tetapi juga memerlukan kesabaran dan kekuatan mental serta psikis yang tinggi,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 adalah yang terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya, terutama dengan tagline “Haji Ramah Lansia”.

“Tahun ini merupakan ibadah haji terbaik dengan lebih terawatnya para jamaah lansia di sana. Alhamdulillah segala sesuatunya dimudahkan dan terjamin di tanah suci,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Sekda Ciamis, Andang Firman Triyadi, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama Ciamis yang telah memfasilitasi para jamaah haji dengan sangat baik.

“Terima kasih kepada Kementerian Agama Indonesia, khususnya Kemenag Ciamis, yang telah memberikan pelayanan terbaik dari mulai bimbingan haji, pemberangkatan, hingga kepulangan para jamaah ke tanah air,” ucapnya.

Andang juga sangat mengapresiasi dedikasi para petugas yang bekerja dengan baik dan ikhlas.

“Saya bangga dengan dedikasi para petugas kloter yang telah bekerja dengan sangat baik dan ikhlas. Mudah-mudahan segala amal baiknya diterima,” tambahnya.

Ia menegaskan bahwa antara Kemenag Ciamis dan Pemkab Ciamis sudah terjalin kerja sama yang baik dan erat dalam memfasilitasi ibadah haji.

“Sekali lagi terima kasih kepada Kemenag yang telah memberikan kenyamanan sempurna untuk pelaksanaan ibadah haji bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Semoga kerja sama Kemenag dan Pemkab selama ini dapat lebih terjalin dengan sangat baik,” harap Andang.***

banner 325x300