Peluncuran Pilkada Ciamis 2024: Menuju Pemilihan yang Damai dan Sukses Tanpa Ekses

Acara ini menjadi momentum penting untuk menyosialisasikan tahapan Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November 2024

Permainan alat musik asli Ciamis, Kolotik, oleh Ketua KPU Ciamis, Pj Bupati Ciamis dan pihak terkait lainnya secara simbolis menandai Peluncuran Pilkada Ciamis 2024. Foto: Febri/berandaperistiwa
Permainan alat musik asli Ciamis, Kolotik, oleh Ketua KPU Ciamis, Pj Bupati Ciamis dan pihak terkait lainnya secara simbolis menandai Peluncuran Pilkada Ciamis 2024. Foto: Febri/berandaperistiwa
banner 120x600
banner 468x60

BerandaPeristiwa, Ciamis,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menggelar acara peluncuran Pilkada Kabupaten Ciamis 2024 di Alun-Alun Ciamis, Sabtu (1/6/2024).

Acara ini menjadi momentum penting untuk menyosialisasikan tahapan Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

banner 325x300

KPU Ciamis juga secara resmi mengenalkan maskot Pilkada Ciamis 2024, Cital dan Citul.

Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberhasilan Pilkada mendatang bukan hanya tanggung jawab KPU saja, tetapi juga melibatkan peran seluruh pihak terkait.

“Keberhasilan ini melibatkan peran pemerintah daerah, TNI, Polri, partai politik, Bawaslu, dan seluruh lapisan warga Kabupaten Ciamis. Ini menjadi ukuran untuk kita semua. Setelah sukses melaksanakan Pemilu, kita memasuki episode selanjutnya yaitu Pilkada,” ujarnya.

Oong juga berharap agar pelaksanaan Pilkada ini dapat berjalan dengan sukses, sama seperti Pemilu sebelumnya.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkada ini dapat berjalan sukses dan menghasilkan pemimpin yang mulia, mantap, dan unggul sesuai dengan tema Ciamis Tangguh, Ciamis Mantap dan Unggul,” tambahnya.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk pimpinan partai politik dan organisasi masyarakat di Kabupaten Ciamis.

Semuanya berkomitmen untuk menyukseskan Pilkada 2024 dengan damai dan gembira.

“Pilkada gemilang, gembira, memilih langsung. Mari kita sukseskan Pilkada ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab,” ujar Oong.

Baca juga: Pelantikan PPS Pilkada 2024 di Ciamis: KPU Tegaskan Pentingnya Integritas dan Netralitas

Pesan dari Pj Bupati Ciamis

Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna, menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan selama proses Pilkada.

“Mari kita sambut demokrasi ini dengan gembira. Indikator sukses yang pertama adalah komunikasi dan kondisi yang baik. Kami pemerintah siap membantu menyukseskan Pilkada ini,” kata H. Engkus.

Dia juga mengingatkan seluruh penyelenggara Pilkada untuk tetap kompak dan solid.

“Seluruh penyelenggara pemilihan kepala daerah harus kompak dan solid untuk memastikan pelaksanaan yang aman, lancar, dan sukses,” pesannya.

Baca juga: KPU Ciamis Umumkan Hasil Seleksi CAT Calon Anggota PPS untuk Pilkada 2024

Komitmen Netralitas dari KPU Jawa Barat

Di kegiatan yang sama, Anggota KPU Jawa Barat, Aneu Nursifah, menekankan pentingnya menjaga netralitas dan integritas selama Pilkada.

“Seluruh penyelenggara harus menjaga netralitas dan integritas. Saya bangga kepada seluruh penyelenggara karena KPU Ciamis menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Jawa Barat yang tidak mengalami sengketa pada Pemilu kemarin,” jelasnya.

Aneu menambahkan bahwa prestasi ini harus dijaga pada Pilkada 27 November mendatang.

“Pilkada Ciamis harus sukses tanpa ekses. Jangan sampai ada permasalahan. Keberhasilan ini bukan hanya hasil KPU Ciamis tetapi dari seluruh penyelenggara mulai dari PPK, PPS hingga KPPS,” ujarnya.***

banner 325x300